SMS Gateway Untuk GMFKPPI

sms gateway

sms gateway

Setelah beberapa minggu kemarin untuk merapihkan web GMFKPPI (Forum komunikasi TNI & POLRI INDONESIA ), hari ini saya telah selesai berekperiment dengan SMS Gateway , jika waktu dulu sms gateway saya kembangkan untuk komunitas SaungIT sekarang Untuk keperluan GMFKPPI, sebenarnya tidak banyak yang saya rubah karna semua script yang di web sms gateway SaungIT saya pindahkan ke webnya sms gateway gmfkppi tinggal merupah Proses_replay.php nya saja yaitu , ketika sang member SaungIT mendaftar maka akan dapat sms notifikasi “Selamat Bergabung Di Komunitas Keilmuan Saungit, Id Anda Sudah Di Tambahkan Ke Group Saungit” , lain halnya jika Mendaftar untuk Anggota GMFKPPI yaitu “Selamat bergabung di sms gateway gmfkppi. Id anda sudah ditambahkan ke dalam group gmfkppi.terimakasih sudah menjadi member“. dan setelah itu saya edit-edit lagi script proses_replay.php nya agar bisa kirim sms / broadcast ke setiap member langsung dengan sms di handphone  tanpa mengakses websitenya tentunya dengan format yang saya atur :D
nah jika teman-teman pengen lihat karyaku yang satu ini dapat mengaksesnya di http://sms.gmfkppi.or.id atau http://pekat.saungit.org , gimana??tertarik untuk berekplorasi??HARUSS!!
Selamat Berinovasi :D

Desain Website GMFKPPI

Waktu berkunjung Ke bandung sekitar 2 minggu yang lalu untuk sekedar silaturahmi ke PASSIONIT ,saya di kasih oleh – oleh sama Dirut PassionIT / Ketua Umum SaungIT bung Rolly Maulana Awangga , untuk mendesain dan merapihkan template website GMFKPPI , Requirementnya seh tidak banyak yaitu:

  1. Menambahkan menu Navigasi Drop-Down
  2. Menghapus Atribut yang tidak di perlukan
  3. Edit Image Slider menjadi Full width
  4. Menambahkan fiture carosoul ( Animasi Deret artikel)

Awal seh saya perkirakan mudah dan simple, eh ternyata dan ternyata cukup gampang juga (Gampang membuat otak ngebul) , heee tapi sekarang udah beres ko tinggal ngisi kontennya saja :D
Berikut Tampilannya:

Desain Website

Desain Website GMFKPPI

Sebelumnya terimakasih juga sama bung rolly telah mempercayakannya pada saya, semoga terus di percaya :D
Makasih juga traktiran Escreamnya, Jangan Kapok yach :D

Memulai Codeigniter

Apa Itu CodeIgniter ?

CodeIgniter adalah salah satu framework web berbasis PHP yang sangat populer saat ini digunakan oleh berbagai kalangan dari web programmer sampai web developer. Membangun aplikasi /website dengan framework Codeigniter merupakan salah satu keputusan yang sangat tepat, karena banyak keuntungan dari fiture-fiture yang disediakan oleh framework ini seperti helper dan class library yang lengkap serta user guide yang mudah dimengerti semua kalangan, jadi pengerjaan kita dalam membuat suatu aplikasi berbasis web bisa lebih cepat, nah untuk selengkapnya kalian bisa googling aja mengenai Codeigniter.banyak referensi ko

Memulai CodeIgniter !

Nah sekarang kita mulai dari noll cara membuat web dengan framework Codeigniter
1. Download dulu donk codeigniternya di sini .
2. Extrack di localhost web server local kalian dan rename file tersebut sesuai selera anda , kalau bingung kasih aja “codeigniter”
3. Jalankan localhostnya : http://localhost/CodeIgniter/ , maka  tampilan awalnya seperti berikut:

tampilan awal codeigniter

tampilan awal codeigniter

itu tandanya codeiginiter berhasil di jalankan, dan sekarang kita mulai mengisi contennya
4. Buka folder codeiginiter -> Aplication -> Views -> Welcome_message.php , dan copas text di bawah

<h2><font color='red'>WOWW MUDAH BANGETT</font></h1>

dan jangan lupa langsung di SAVE kemudian refresh/reload kembali http://localhost/CodeIgniter/ ,dan lihat hasilnya :)

reload

memulai code igniter

Nah sediktinya udah paham donk, bagai mana memulainya :D , sederhana pake banget kan :D

Konsep Codeiginiter adalah menampilkan interface-interface yang kita di buat di foler codeigniter->aplication->view  tapi untuk menampilkannya sesuai perintah si Controller jadi kesimpulannya : kalau kita membuat file-file interface seperti header,slider,footer itu di simpannya di codeigniter->aplication->view dan jika ingin di tampilkannya kita atur di Controllernya, yuk ahh kita capucusske controller : buka folder codeigniter->aplication->controllers di situ ada dua file index.html dan welcome.php dan langsung aja buka file welcome.php

file welcome controller

nah pada baris ke 22 $this->load->view(‘welcome_message’); artinya ketika membuka halaman index maka memanggil file yan ada di folder view tadi , jadi kita bisa memanggil seluruh file-file di folder view dengan me-load di controller ini , nah mudah bukan memulai codeigniter itu??
untuk cara memulai codeigniter untuk pemula di cukupkan saja dan tuggu aja tutorial berikutnnya :D
Selamat berinovasi :D

SIBUTA ( Sistem Informasi Buku Tamu )

SISTEM UNTUK HAJATAN ?

logoSIBUTA adalah Program aplikasi berbasis web yang di rancang untuk memudahkan suatu tradisi yang di lakukan masyarakat subang dalam acara hajatan ketika mengelola data tamu undangan dan pengelolaan keuangannya.

Requirement dari SIBUTA :

  1. Bisa mencatat tamu undangan
  2. Dapat mengkalkulasikan pendapatn dan pengeluaran
  3. Bisa mencatat kunjungan
  4. Bisa mencatat pengeluaran

LATAR BELAKANG

Subang memang memiliki beragam kebudayaan dan tradisi daerah yang berbeda di setiap wilayahnya salah satu tradisi yang ada dan dianut dari jaman dulu hingga sekarang yaitu acara hajatan baik itu Pernikahan , Khitanan dan lainnya.

            Yang menarik di dalamnya yaitu setiap tamu harus memberi uang kadoan yang disisipkan di amplop dan di tulis nama atau berupa barang kepada yang hajatan, dan itu di catat di buku pencatatan undangan, sehingga suatu saat nanti kemudian sang punya hajat harus member uang sejumlah yang ada di catatan kepada tamunya saat tamunya hajatan dan begitu seterusnya.

            Acara hajatan di daerah subang kerap kali di pake hitung-hitungan yang artinya jumlah uang ataupun barang yang di peroleh dari tamu undangan harus melebihi jumlah modal yang di pakai acara hajatan.

            Dari tradisi tersebut tidak jauh dengan yang namanya menabung ataupun arisan , dan tentunya baik tamu ataupun yang hajatan mempunyai kekhawatiran dalam hal tersebut karena kegiatan tersebut tidak menjamin keakuratan data penulisan khususnya jumlah uang apalagi penilisan di buku tamu undangan yang mungkin saja rusak bahkan hilang.

INSFIRASI

Dari salah satu tradisi subang tersebut menuai beberapa masalah yang di antaranya yaitu tidak menjamin keakuratan jumlah uang keseluruhan , kemungkinan data bisa hilang kapan saja, dan pencarian tamu sangatlah sulit.

            Sehubungan dari maslah tersebut saya membuat suatu konsepan untuk memudahkan baik tamu ataupun yang punya hajatan dalam menghitung jumlah uang dan perhitungan lainnya, sehingga keakuratan jumlah uang sangatlah tepat dan keamanan data yang terjamin, serta banyak lagi yang dapat memudahkan baik tamu maupun yang punya acara hajatan.

Ilustrasi Proses Penggunaan SIBUTA

ilustrasi

Deskrifsi:
TAMU : Sesuai tradisi masyarakat subang amplop yang berisikan uang dan bertuliskan nama di serahkan kepada si pemilik pesta hajatan.

PUNYA HAJAT : Amplop yang diterima dari tamu di serahkan kembali ke pada operator atau biasa masyarakat menyebutnya sebagai juru tulis.

OPERATOR : Setelah menerima Amplop dari si punya hajat , operator / Juru tulis menginput seluruh data dari amplop tersebut ke database server, setelah itu data akan di simpan dan di cetak yang kemudian seluruh informasinya akan di serahkan kembali ke sang pemilik hajatan.

Kesimpulan : Pemilik Pesta hajatan bisa mengakses kembali seluruh data dan informasi ataupun menambah / edit / hapus informasi jika suatu saat di butuhkan kembali.

Interface SIBUTA (Sistem Informasi Buku Tamu)

aplikasi buku tamu

aplikasi buku tamu

Ini adalah tampilan awal dari SIBUTA dimana semua orang dapat memiliki akun atau member dari SIBUTA dengan registrasi terlebih dahulu pada tampilan ini. Disini juga tersedia menu log-in untuk member yang sudah mendaftar terlebih dahulu.

home

Ini bagian Beranda/Home dari SIBUTA dan pada tampilan ini juga memuat seluruh informasi dari TAMU UNDANGAN – PENGELUARAN-KUNJUNGAN- TOTAL UANG , seluruh informasi yang dibutuhkan terpampang di sini.
catat tamu

Tampilan ini merupakan dari menu TAMU fungsinya adalah menginput data tamu undangan , dan juga tersedia data dari tamu undangan yang telah terdata sebelumnya selain itu juga menginformasikan jumlah uang dan pengeluaran.

Tampilan ini akan sangat sering digunakan ketika acara hajatan berlangsung karna fungsi ini adalah pencatatan tamu undangan, maka dari itu sengaja kami munculkan data tamu undangan dan informasi keuangan demi mengefesienkan Operator yang tidak harus bolak-balik pilih menu untuk mendafatkan Informasi.

catat kunjungan

Fungsi dari menu KUNJUNGAN ini adalah untuk mencatat data orang yang telah kita kunjungi , tampilnnya sama persis dengan menu TAMU namun form penginputan terletak di sebelah kiri , sengaja di bedakan supaya operator tidak salah dalam penginputan data.

catat pengeluaran

Ini adalah interface dari menu Pengeluaran, digunakan ketika ada aktifitas untuk mengharuskan pengambilan uang dari hasil dana dari Tamu.

akun

Disini sang member bisa merubah data/akunya dengan memilih menu AKUN

Baca lebih lanjut

Desain Website Fakultas Ekonomi

Setelah minggu kemaren menyelesaikan design website villa ciater subang, kali ini saya mendokumentasikan design website fakultas ekonomi di salah satu universitas di kalimantan timur, pekerjaan ini saya dapat dari bung yhuda praktisi IT Bandung, dan suatu kehormatan dan anugrah sekali beliau mempercayakan pekerjaan in kepada saya, sebetulnya ketika bung yhuda menghubungi saya untuk bekerja sama membangun proyekan ini saya tidak bisa sama sekali membuat / mendesain web dengan flatform wordpress , tapi dengan keinginan saya dalam mempelajari sesuatu yang baru makanya saya menyanggupi nya, dan alhamdulillah proyekan selesai sebelum target,:)
Untuk honornya beliau kasih saya [sensor] namun baru di bayar 50%, hee, awalnya sech saya gx PD juga menyelesaikan pekerjaan ini mak’lum lah saya baru mengenal CMS ini, makanya ketika di transfer sama bung yhuda saya gx pake sama sekali uangnya, ‘takut gx kepake trus beliau nagih lagi,haa, tapi semua beres beliau cukup puas atas pekerjaan yang saya hasilkan,heee, dan kemarin juga beliau menghubungi saya kembali untuk mentransfer 50%nya lagi, berarti sukses dong apa yang saya kerjakan, dan langsung uangnya saya belikan jaket sama celana, dan sisanya saya kasihkan sama Ibu saya :) , karna berkat do’a beliau lah allah melancarkan segala urusan saya..  dan inilah beberapa tamplan dari web yang di desain:

website fekon

interface halaman depan website

desain web

interface halaman artikel

nilai

tampilan dari nila-nilai mahasiswa

cari nilai

form pencarian nilai mahasiswa yang saya letakan di bagian footer web

wp-admin

ini adalah halaman adminnya, yang tersedia menu nilai

Itulah beberapa tampilan website yang saya desain, semoga klien bung yhuda puas dan semoga saya selalu di percaya oleh beliau dalam proyekan di bidang IT , semoga ini menjadi awal karir saya sebagai praktisi IT, dan semoga juga kalian termotifasi untuk mempelajarinya…GOOD lUCK :D

Aplikasi Sms Gateway

Yang ini Namanya Sms Gateway berbasis web, saya dipercaya oleh ketua Komunitas SaungIT Bandung (Komunitas TIK jawa barat) untuk mengembangkan aplikasi berbasis web ini untuk keperluan komunitas sehingga informasi dapat terpusat dan pengelolaan sebuah member dari saungIT bandung , dan temen-temen bisa bergabung juga lho dengan cara ketik DAFTAR#NAMA#GROUP#KAMPUS contoh DAFTAR.CEPI.SAUNGIT.UNSUB kirim ke : 08999017100 , dan webnya bisa di akses di disini. dan jika pengen tau aktivitas kami di Web SaungIT nya Klik Disini, Nah yuk gabung banyak ilmu yang bermanfaat lho disini.. :)

Software jadwal Ganti Oli

Nah kalau software in saya kasih nama software oli mio di karnakan motor saya mio,heduuuhh jadul euy…hee gpp ach…
eitssss jangan salah software ini cukup membantu saya lho untuk mengingatkan saya dalm mengganti oli mesin/servis berkala karna udah ada databasenya.. ma’lum saya org’a agx luping,heee… NNNAhh bagi anda yang udah pada pikun cocok nech software nya,heeee kidiing….
rek di Download mangga teu oge kajeun ahh..;)

Aplikasi Kasir Photo

download Aplikasi kasir portable

Aplikasi kasir portable

Software ini di buat untuk kasir dalam pengelolaan biaya-biaya percetakan di MUSTIKA PHOTO di buat pada tanggal 3-maret-2011 dan software ini merupakan rilisan yang ke 3 kalinya dimana sebelumnya belum tersedia output BON/NOTA.

FITURE APLIKASI KASIR :

untuk lebih jelasnya silahkan Download,
dan jika temen-temen membutuhkan dengan kebijakan harga dan sesuai  kebutuhan lainnya bisa hubungi saya aja ..okeyy!!!

Penyemburnaan aplikasi kasir di atas  :

Masih Releas.. :D

Aplikasi kasir photo

Aplikasi kasir portable

Aplikasi kasir ini bisa di jalankan di sistem operasi windows secara portable dan sangat ringan namun tetap akurat, dibuat dengan bahasa pemograman visual basic 6.0 , nah begitulah kilasan tentang Aplikasi Kasir Photo ini semoga temen-temen termotifasi membuatnya dengan lebih canggih lagi, Selamat berinovasi :D
Oppzzz….jangan lupa kalau ada yang memerlukan aplikasi kasir ini sesuai kebutuhan, Hubungi CEPICAHYANA aja okey, gx usah malu – malu :D

desain website villa ciater

hari itu saya di tawari oleh bung ujang untuk bekerja sama membuat website villa yang ada di ciater subang, dan kebetulan juga sa’at itu lagi ada job membuat web fakultas ekonomi di salah satu universitas yang ada di kalimantann timur dan belum kelar, memang maruk juga sech menerima beberapa job dalam satu waktu, tapi itu merupakan tantangan tersendiri bagi saya dan alhamdulillah saat ini detik ini semua beres ,walaupun belum di bayar,hadeuhhh :) Saya menggunakan Conten Management Sistem dari wordpress dalam pembuatannya karna dari segi Search Engine yang bagus juga CMS itu sangat mudah di pelajari pokoknya ramah lingkungan dech,heeee
saya menggunakan tema dari max magazine di dalam pembuatannya cuma saya rombak kembali template tersebut sesuai permintaan clien termasuk menu yang ada di admin saya sederhanakan dan mudah untuk di gunakan oleh sang admin nantinya.
pengeditannya cukup membuat setress juga atau hampir setress lah tepatnya karna hampir sekitar 70% desain tersebut saya desain ulang :)
sekitar kurang lebih 2 minggu saya kerjakan dan ternyata desainnya sangat di sukai client dan selama 2 minggu itu pula aku tersiksa,haa bayangin aja bangun tidur langsung pegang laptop sampe malam , makan di depan laptop, tidur sama laptop,cuma mandi aja gx sama laptop, maklum laptopku takut air:),hee
dan sekarang saya sempatkan untuk menulis artikel dan mendokumentasikan moment ini walaupun besok adalah UAS ujian agak serius,heee
Dan berikut ini beberapa tampilan dari menu adminnya:
desain villa ciaterSengaja saya minimaliskan menu admin supaya sang admin nantinya tidak kebingungan dalam membuat artikel pokoknya memanjakan admin aja lah :) , nah kalau tampilan interfacenya bisa di lihat di www.ciatervilla.com , dan tugas saya selanjutnya adalah mengoptimalkan search engine biar terindex di google getooo!!!
Dan tugas saya selanjutnya adalah belajar yang mau di ujiankan besok “Clien Server ” semoga saya bernasib baik besok,heee